Exercise in ther morning

Activity-Monitor-256x256Ini dia berita dari Detik Health.

– – – – – – – –

Ini dia manfaat yang bisa didapatkan jika berolahraga di pagi hari, seperti dikutip dari Health24, Sabtu (31/10/2009):

1. Olahraga pagi hari bisa membangkitkan semangat dan mempertahankan metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. Berdasarkan penelitian olahraga di pagi hari bisa membakar kalori 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan waktu lainnya. Selain itu juga bisa membantu mengatur nafsu makan agar tidak berlebihan.

2. Saat tidur semua hormon yang terlibat dalam aktivitas meningkat, sehingga tubuh akan merasa lebih aktif dan segar saat pagi hari. Meskipun hanya olahraga ringan berjalan kaki sudah cukup hebat untuk melawan kelelahan. Selain itu membuat pikiran menjadi lebih tajam selama 4 sampai 10 jam setelah berolahraga dan meningkatkan energi alami yang jauh lebih efektif dalam jangka panjang dibandingkan dengan minum secangkir kopi.

3. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam. Jika olahraga di malam hari justru membuat seseorang menjadi susah untuk tidur malam dengan tenang. Olahraga di pagi hari juga membantu mengatur jam biologis tubuh menjadi normal.

4. Memiliki jadwal olahraga lebih teratur karena memiliki sedikit gangguan. Jika Anda sudah terbiasa untuk bangun pagi maka tidak ada halangan untuk tidak berolahraga, tapi jika olahraga siang atau malam mungkin akan mandapat gangguan untuk pergi dengan teman atau sudah lelah bekerja seharian.

– – – – – – –

Hari ini hari minggu, dah pada joging pagi belom? Ya, seperti biasanya sebagian masyarakat senang memilih hari Minggu pagi sebagai waktu untuk berolahraga, dikarenakan hari Minggu merupakan hari yang benar-benar bebas untuk sebagian masyarakat. Namun bagaimana dengan hari-hari yang lain? Sebenarnya, olahraga yang baik untuk meningkatkan atau setidaknya menjaga fitalitas adalah 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Bahkan ada anjuran untuk melangkah setidaknya 1000 langkah setiap hari untuk mencegah osteoporosis. Jadi sebaiknya kita mengikuti aturan tersebut.

Tidak ada waktu? Ada! Yaitu subuh setelah sholat subuh. Udara masih bersih dan segar, lalulintas belum padat, matahari belum terbit, sehingga menyenangkan sekali berolahraga di subuh hari. Luangkan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk mencapai hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s