UBUNTU

https://i2.wp.com/www.technama.com/wp-content/uploads/2009/06/ubuntu_logo.pngBeberapa hari terakhir ga nulis di blog. Sibuk ngurusin komputer yang baru aja migrasi dari XP bajakan ke Ubuntu Karmic. Ya, belajar dari awal dengan merangkak, maklum migrasi tidak dibarengi dengan pengetahuan memadai tentang linux. Hanya modal nekat.

Mengapa nekat migrasi? sebenarnya karena bosen aja dengan Ms Windows. Dan karena memang gratis. Tapi setelah migrasi baru kelabakan.

Kekhawatiran pertama adalah ubuntu tidak bisa membaca hardware di laptopku, ngeri juga kan kalo tiba-tiba jadi blank. Tapi ternyata kekhawatiran itu tak beralasan, Ubuntu langsung bisa menyesuaikan semuanya, bahkan termasuk dengan wifi adapter onboard laptopku, itu yang paling membuat terkesan, karena awalnya takut tidak bisa terhubung internet, sedangkan ubuntu (menurut saya) sangat bergantung sekali pada internet. Kemudian saya semakin senang saat scanner saya yang tua langsung dideteksi oleh ubuntu.

Selain hardware, paket software yang diberikan bersama instalasi ubuntu sudah mencukupi kebutuhan keseharian saya. Open Office sudah cukup untuk menggantikan MS Office, GIMP sudah cukup sebagai image editor/manipulation, tapi belakangan saya menginstall Inkscape sebagai penggambar vector, karena menurut saya Open Office Draw belum memadai (atau saya yang belum sepenuhnya menguasai?), dan saya menjadikan VLC player sebagai player musik dan video saya.

Sampai saat ini yang masih menjadi kendala adalah kesulitan saya dalam meng-install printer lama saya, yaitu Canon Pixma IP1000. Sudah berbagai macam tips dari pengguna ubuntu lainnya yang saya terapkan, belum berhasil juga. Tapi saya tidak menyerah. Kendala lainnya adalah membiasakan diri. Do’a kan bisa ya! berabe juga kalau tidak bisa nge-print. hehe.

2 responses to “UBUNTU

  1. akbar pribadi

    Salam kenal ! selamat datang di dunia opensources !

    siap2 ketagihan n jatuh cinta sama terminal😀

  2. Salam kenal! Sama-sama pemakai Ubuntu.
    😀

Leave a Reply

