Booting Ubuntu

Wheww… sudah hampir seminggu sejak tanggal 29/11/2009 aku menggunakan Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) secara penuh. Masih kaget dengan apa yang bisa dilakukan dan masih penasaran dengan apa yang tidak bisa dilakukan.

Kesan pertama saat selesai instalasi adalah “Wow, bootnya cepet banget!!!” dibandingkan dengan windows XP PE (bukan Professional Edition, tapi Pirated Edition) yang sudah saya gunakan selama bertahun-tahun. Semula saya berbaik sangka dengan XP, dan berfikir cepatnya booting Ubuntu karena baru diinstall, dan lambatnya XP PE karena sudah lama digunakan dan semakin banyak program yang diinstal booting XP akan semakin lama, sedangkan saya belum install apa-apa di Ubuntu. Tapi ternyata perkiraan saya salah.

Dalam seminggu ini saya banyak memilah milih aplikasi yang akan saya gunakan di Ubuntu, karena pengetahuan saya masih nol besar dalam penggunaan Ubuntu. Akibatnya saya memilih aplikasi dengan cara mencoba-coba, kalau tidak senang langsung di remove. Biasanya bila ini dilakukan di Windows XP PE akan secara signifikan memperlambat waktu booting, tapi ini tidak terjadi pada Ubuntu Karmic Koala yang saya gunakan. Wow, bootingnya masih terasa sama cepat dengan waktu semula saya install. Yang lebih bikin saya terkesan lagi, ternyata waktu boot ini bisa dipercepat lagi setelah menginstal ubuntu-boot.

Tutorial ini saya dapatkan saat saya mencari website-website yang dapat mengajari saya menggunakan ubuntu lebih efisien lagi, di sini. Caranya gampang!

buka teminal, kemudian tambahkan repo ubuntu-boot, dengan cara mengetikkan kalimat perintah ini di terminal:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-boot/ppa

setelah selesai, update cache repository, dengan mengetikkan:

sudo apt-get update

kemudian install dengan mengetikkan:

sudo apt-get dist-upgrade

walla! selesai, dan coba boot kembali, maka proses booting akan terasa lebih “segar”.

Leave a Reply

