Instalasi dan Penggunaan Gnome-Do pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala

INSTALASI

Awalnya saya mencari aplikasi untuk dock, sehingga ubuntu bisa terlihat ciamik seperti pada Mac. Kemudian saya bertemu dengan cairo dock, namun entah kenapa instalasi tidak berjalan baik, mungkin memang kurang pengalaman jadi tidak tau mana yang salah. Maklum lah penulis baru seminggu berkenalan dengan linux ubuntu (ah alesan aja!)

Kemudian setelah mencari-cari, saya tersesat ke blognya mas riyogarta pada artikelnya yang berjudul “19 Aplikasi dan Tools yang Saya Install di Ubuntu 9.10.” Dan karena saya masih mencari aplikasi dock karena selain tampilannya ciamik, juga karena fungsinya sebagai shortcut, saya menjadi tertarik melihat pembahasan mengenai GNOME-Do.

Kemudian saya mencoba menginstall dengan cara yang ditunjukkan di blog tersebut, dengan membuka terminal dan menuliskan perintah:

sudo apt-get install gnome-do

Sementara menunggu instalasi selesai, seperti biasa saya iseng menjelajah di ubuntu saya (maklum pengguna baru). Kemudian menemukan bahwa bagi yang tidak terbiasa dengan penggunaan terminal seperti saya, juga dapat menginstall GNOME-Do dari Ubuntu Software Center.

Caranya klik menu Aplication > Ubuntu Software Center, kemudian Klik pada Get Free Software. Pada Kotak pencarian ketikkan GNOME-Do. Kemudian akan terlihat Gnome-Do ada di daftar aplikasi di bawahnya. Klik pada Gnome Do, dan klik pada panah di paling kanan. Kemudian akan terlihat seperti ini, klik Install. Selesai. (Wah, ternyata penjelasannya lebih panjang daripada lewat terminal)

Atau, seperti di blog mas ryogarta, buka web browser seperti Firefox atau Chromium, masukkan alamat apt:gnome-do pada adress bar.

Selamat menikmati. Untuk penggunaan tunggu update postnya ya. ;D

PENGGUNAAN

Untuk menggunakan fungsi Gnome-Do, dapat dimulai dengan menekan kombinasi <super>+SPACE.  Ketikkan program yang akan anda buka, dan Gnome-Do akan menebak2 apa yang anda butuhkan, bila benar langsung tekan ENTER, kalau bukan itu yang anda maksud, tetap tuliskan hingga lengkap, atau tekan tombol down, untuk melihat list program yang berkaitan.

Lama kelamaan, Gnome-Do akan melihat program apa yang paling sering anda pakai, dan anda akan semakin mudah dan cepat mengakses program kesayangan anda. Sebagai contoh, untuk membuka firefox, saya sekarang cukup mengetikkan huruf F saja, dan firefox langsung muncul sebagai program yang direkomendasikan.

Bahkan dengan Gnome-Do kita dapat membuka bookmark secara cepat.

Gnome-Do mendukung tampilan Docky, dan program-program hasil pencarian dapat ditambahkan pada dock ini.

Dan ada beberapa fitur tambahan pada tampilan docky, seperti ketika klik pada jam akan tampil tujuh hari dalam seminggu.

Selamat mencoba!

2 responses to “Instalasi dan Penggunaan Gnome-Do pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala

  1. Could you please host the Gnome Do screenshot on your own WordPress instead of on my server?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s