My Weight Loss Program

Sebelum saya memulai program penuruna berat badan, berat badan saya berkisar antara 69 s/d 70 kg. Sedangkan tinggi saya berkisar 170cm. Itu berarti BMI saya berkisar di angka 24. Dan walaupun 24 masih berada dalam rentang batas normal, tapi sudah mendekati batas atas sebelum dikatakan gemuk. Huff,,, itu saja sudah banyak lipatan di perut saat duduk. Karena itu saya mulai khawatir, karena mengingat berbagai risiko yang dimiliki orang gemuk (overweight) dan obess, seperti diabetes, penyakit jantung koroner, serta stroke, maka saya putuskan untuk menurunkan berat badan saya. Dan saya menargetkan untuk mencapai BMI sebesar 20.

Saat ini berat badan saya berkisar antara 59 s.d 60 kg, setelah sekitar 2 bulan menjalankan program penurunan berat badan. Ya, turun 10 kg, dalam 2 bulan, dengan BMI sekitar 20.5. Bagaimana cara saya mencapainya? tentunya dengan cara standart untuk menurunkan berat badan, yaitu pengaturan diit dan olahraga.

  1. Pengaturan Diit dalam hal ini memiliki peran terbesar buat saya. Saya melewatkan 2 makan besar, yaitu sarapan dan makan malam. Untuk penggantinya, saya sarapan dengan selembar roti polos dan minum kopi dengan gula rendah kalori. Dan untuk mengganti makan malam, saya minum susu kalsium rendah lemak, atau jus buah tanpa gula dan tanpa susu, atau makan buah2an.
  2. Olahraga hanya saya lakukan pada bulan pertama. Saya berjalan kaki (bukan jogging) sepanjang 2 km setiap pagi.

Cukup simple bukan?

5 responses to “My Weight Loss Program

  1. Setuju dengan Anda. Diet serupa pernah saya lakukan 6 tahun yang lalu.

    My diet is:
    1. No snacks at all
    2. Just drink tea (no sugar) and water
    3. Half portion of rice
    4. Always standing in the bus or train (no sitting at all), but do not stand in the plane (laughing)
    5. Walking everyday (at least 5 km)
    6. No sleep after dinner
    7. Standing for an hour after lunch in the library reading books
    8. Doing housework (ironing, cleaning). Some experts say that doing housework is equal to going to fitness center
    😀

Leave a Reply

