Why Open Source? and Why Ubuntu?

Mungkin sudah banyak yang mengulas ini, tapi boleh dong penulis berbagi alasan pribadi mengapa memilih sistem operasi open source seperti linux ubuntu. Berikut alasan-alasan penulis:

1.) Gratis.

Ya, sistem operasi opon source kebanyakan (ato memang semua?) dapat diperoleh secara gratis. Walaupun dalam pembuatannya program-program open source juga banyak memakan biaya. Jadi sebaiknya kita mulai berfikir untuk mendonasikan sebagian pendapatan kita, atau mempromosikannya ke masyarakat yang lebih luas.

2.) Aman. Sementara sebuah sistem operasi yang digunakan mayoritas harus melindungi dirinya dengan berbagai program antivirus, firewall, adware block, dll sehingga menghabiskan sebagian resource komputer hanya untuk perlindungan sehingga membuat komputer yang lamban semakin lamban, sistem operasi open source seperti linux relatif lebih aman, hingga hampir-hampir tidak memerlukan antivirus.

Kalau saja thumbdrive kita terinfeksi oleh virus karena tidak berhati-hati memindahkan file dari komputer yang terinfeksi virus, maka kebanyakan virus itu cuma “nangkring” saja di komputer kita, dan tidak menyebabkan kerusakan pada sistem di linux, karena virus tersebut dibuat untuk sistem operasi lain.

Sebagian pengguna sistem operasi open source memasang program antivirus agar tidak membahayakan komputer lain, kan jadi tidak enak kalo ada yang terinfeksi karena meng-copy file atau menerima email dari komputer kita. Walaupun komputer dengan sistem operasi opensource mungkin tidak terinfeksi, namun tetap dapat menjadi carrier atau perantara penyebaran virus.

3.) Software Pendukung juga Gratis

Ya, banyak sekali aplikasi-aplikasi open source yang ditawarkan untuk sistem operasi opensource, dan sebagian besar dapat diperoleh secara gratis! Jenis aplikasi apa pun di segala bidang dapat diperoleh.

4.) Update seluruh sistem dan aplikasi

Bila sistem operasi lain hanya menyediakan update hanya bagi sistem operasinya, sedangkan program-program lain harus melakukan update secara tersendiri, maka untuk sistem operasi opensource seperti linux ubuntu mampu melakukan update secara menyeluruh untuk sistem operasi sekaligus aplikasi-aplikasi yang terinstal di dalamnya.

5.) Dukungan komunitas

Bila kita bingung tentang apa saja yang berkaitan dengan sistem operasi open source yang kita punya, tanyakan saja pada Pak Google. Akan selalu tersedia jawaban karena dukungan para pengguna sistem operasi open source sangat kuat. Mereka memiliki prinsip untuk tetap berbagi ilmu, dan lagi-lagi secara gratis.

6.) Cepat dan tetap cepat, dan perkembangan cepat.

Bandingkan dengan sistem operasi lain yang akan melambat beberapa bulan dan tahun setelah di install, maka sistem operasi linux akan tetap cepat seperti sedia kala diinstall.

Dan khusus ubuntu, tidak perlu menunggu selama beberapa tahun, karena setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya akan ada versi baru yang selalu lebih baik dari versi sebelumnya. Bandingkan sistem operasi lain yang harus menunggu beberapa tahun untuk mengeluarkan sistem operasi terbarunya.

7.) Tidak Perlu Defrag

Sistem operasi linux menggunakan sistem file yang berbeda, yang tidak memerlukan defragment. Tidak seperti NTFS yang perlu defragment secara berkala agar komputer kembali lebih fresh.

Update:25/12/2009

8.) Tidak Ada Registry

Ya,,,! Tidak ada registry yang bisa membuat kaco system kalo ga tau maeninnya. ;D

Sementara baru itu saja, nanti kalau ada alasan lain akan penulis update.

4 responses to “Why Open Source? and Why Ubuntu?

  1. Untuk Linux ada tantangannya sendiri, selalu membuat otak kita aktif bekerja.

    😀

  2. katanya sih itu seninya 😀 tapi seharusnya teknologi itu memudahkan, bukan malah menyulitkan. Masih berharap UI linux2 sebersahabat windows sih, tapi sepertinya udah semakin dekat harapan itu.

  3. setuju sama yang no.7,, gak perlu2 repot2 defrag… n yang pasti stabil.. bisa dibilang sama kya kita pake mac OS… kerasa eksklusif… 😀

  4. yups, defrag tuh membuang waktu banget. Time is money. LoL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s