For beginners: Ubuntu User Interface

Tampilan antarmuka Ubuntu secara default menggunakan Gnome. Loh, apalagi Gnome? Ya, Gnome adalah salah satu jenis user interface atau biasa disebut dengan istilah Desktop Environtment. Lho, emang ada banyak yah? Ya, selain Gnome, masih banyak sekali desktop environtment yang tersedia, tapi selama yang saya pelajari (baru 3 minggu sejak menulis artikel ini) yang paling sering dipakai adalah Gnome, KDE (default pada KUBUNTU) dan XFCE (default pada XUBUNTU). Semua memiliki kelebihan dan kekurangan, misal Gnome sering dipilih karena kestabilannya, KDE karena kelengkapannya, dan XFCE karena ringannya, dan dua terakhir saya juga belom pernah coba karena saya menginstall Ubuntu. Jadi di sini saya hanya akan membahas tampilan antarmuka Ubuntu secara default, yaitu Gnome.

image from:http://www.psychocats.net/ubuntu/images/installingkarmic21.png

1. Panel (kita terbiasa menyebutnya taskbar)

Setelah selesai menginstall, ubuntu akan memberikan kita dua baris panel, atas dan bawah. Panel-panel ini dapat dikonfigurasi lebih lanjut. Kita bisa mengurangi atau menambah jumlah panel (klik kanan panel>new panel), menambah atau mengurangi item-item yang ada di dalam panel (klik kanan>Add to panel), dan lebih jauh lagi kita bisa mengatur behavour panel, background panel, letak panel (klik kanan>properties).

Tips #1: Jika anda ingin mengatus volume suara, tidak perlu membuka volume control, cukup letakkan mouse pointer di atas volume kontrol (tanpa perlu diklik) dan langsung saja scroll ke atas untuk membesarkan, atau scroll ke bawah untuk mengecilkan volume suara.

Tips #2: Anda bisa menambahkan program-program favorit anda di panel, caranya klik kanan pada program favorit anda dari menu, pilih Add this launcher to panel kemudian icon program tersebut akan muncul di panel, klik dan drag icon tersebut kemanapun anda mau untuk menyesuaikan tempatnya.

2. Menu

Pada tampilan awal setelah instalasi, Ubuntu akan meletakkan menu pada pojok kiri atas, terdiri atas 3 menu utama, yaitu: Application, Places, dan System. Application berisi program-program yang sudah terinstall di komputer kita, ditambah Ubuntu Software Center. Fitur ini kalau di windows kita kenal dengan Add/Remove Programs di control panel, memiliki kelebihan yaitu tersedianya daftar software2 gratis yang dapat langsung kita install dengan beberapa kali klik saja bila memiliki koneksi internet atau DVD repository.

Places, merupakan tempat-tempat dimana file-file berada. Semua file kita berada di folder Home, dan kita juga dapat mengakses fitur pencarian dari sini. Sedangkan di menu System kita dapat melakukan configurasi system kita. Mulai dari mengubah themes, efek-efek animasi, dan hingga pengaturan yang lebih rumit lagi (saya sendiri belom berani coba-coba ngutak-ngatik sistem lebih jauh lagi).

Apabila anda merasa daftar menu ini terasa sangat banyak, bisa kok diminimalis lagi dengan mengurangi jumlah menu yang ditampilkan, caranya buka System>Preferences>Main Menu dari sana kita akan bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang kurang kita perlukan. Dan menurut beberapa situs, menyingkat menu, juga dapat mempercepat waktu boot. ;D

3. Workspaces

sesuai arti harfiahnya merupakan area kerja yang dibagi dalam layar-layar. Secara default, ubuntu menyediakan dua workspaces.  Namun bisa ditambah atau dikurangi, dengan mengakses aplet workspaces yang secara default ada di pojok kanan bawah. Untuk berpindah secara cepat dari satu workspaces satu ke yang lain bisa dengan menekan ctrl+alt+panah kiri atau kanan.

4. File Manager

Secara default, program file manager yang dipasangkan di ubuntu adalah nautilus. File dapat ditampilkan dalam tiga jenis tampilan, yaitu icon view (thumbnail), list view (detail), dan compact view.

Tips #1: bila anda meletakkan mouse pointer anda di atas file musik, maka anda dapat mendengar musik tersebut dimainkan tanpa membuka file tersebut!

Tips #2: pada icon view, anda dapat memperbesar atau memperkecil tampilan icon sesuai kebutuhan anda, dengan cara menekan ctrl+scroll atas (memperbesar) atau bawah (memperkecil)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s