For Beginners: Compiz 3D Cube

Salah satu efek keren COMPIZ yang sering di gunakan di ubuntu adalah 3D cube, yang merupakan salah satu cara untuk menampilkan workspaces dalam bentuk bangunan 3 dimensi. Sebenarnya tidak hanya dalam bentuk kubus (cube), semakin banyak workspace yang kita buat, maka sisi kubus juga akan semakin banyak, dan bisa juga dalam bentuk silinder atau bentuk bola.

Tapi, agar dapat mendapatkan efek-efek fantastis, kita harus mengubah settingan visual effects di appearance, masuk menu System>Prefenrences>Appearance, buka tab Visual Effects, pilih Extra (sebagian effect akan dapat berjalan pada setingan normal, tapi sebagian lagi baru akan terlihat bila opsi Extra dipilih). Bila anda belum menginstall compiz, maka dengan memilih extra biasanya akan muncul kotak dialog untuk menginsal compiz. Namun, bila tidak muncul, ataupun anda belum menginstall compiz, maka anda dapat menginstall melalui Ubuntu Software Center.

Kemudian, untuk mendapatkan efek 3D cube, maka anda perlu membuka configurasinya di menu System>Preferences>CompizConfig Settings Manager.

Kemudian untuk mendapatkan efek 3D Cube, anda perlu membuang tanda centang pada “Desktop wall”, dan bubuhkan centang pada “Desktop Cube” dan “Rotate Cube”.

Sebagai opsi pilihan, anda dapat membubuhkan centang pada “3D windows”, untuk mendapatkan efek jendela yang melayang di depan Cube anda. Atau bubuhkan centang pada “Cube Reflection and Deformation” untuk mengubah bentuk Cube menjadi silinder atau bola.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s