Trapped in User Interface

Berapa waktu belakangan ini saya sedang mempelajari pembuatan website, dan itu membawa saya mempelajari bahasa-bahasa yang diperlukan seperti html, JavaScript, css, php dan MySql. Setelah membaca-baca, saya baru paham bahwa bahasa-bahasa tersebut dibagi mnejadi setidaknya dua macam, yaitu Client Side dan Server Side Script, dimana Client Side Script adalah bahasa atau kode yang dibuat untuk memudahkan user berinteraksi dengan website dan mempercantik tampulan website, sedangkan Server Side Script dibuat untuk memudahkan interaksi website dengan server tempat data-data website itu berada.

Kemudian tiba-tiba pikiran saya menganalogikan bahasa-bahasa tersebut dengan bahasa-bahasa atau kode-kode yang Allah SWT ciptakan. Bahwa jiwa-jiwa kita ini adalah user-user tersebut, dan alam ini adalah websitenya. Apabila kita melihat source code dari satu halaman website, kita dapat melihat bahasa Client Side yang digunakan misal html dan JavaScript, sedangkan bahasa Server Side tetap tersembunyi, contoh kode php yang tidak terlihat bila kita melihat source code suatu halaman website. Begitu pula dengan alam dunia ini, bahwa bila kita menilik apa yang ada dibalik kerja alam ini, kita dapat melihat hukum fisika, kimia, matematika, biologi, dsb. Hukum-hukum tersebut adalah client side script bagi user yang berupa jiwa ini. Dengan hukum-hukum tersebut Allah SWT membuat dunia ini berinteraksi dengan jiwa.

Lalu apa bahasa Server Side-nya? Saya sendiri belum tahu, karena saya hanyalah user biasa yang sampai saat ini hanya bisa melihat sebagian bahasa Client Side dunia ini. Bagaimana dengan Wahyu Allah SWT? Mungkin saja Al-Qur’an adalah user manual untuk berinteraksi dengan website dunia alam ini, agar kita tidak tersesat. Mungkin Al-Qur’an juga merupakan panduan untuk mengetahui bahasa Server Side, dan mungkin juga Al-Qur’an itu sendiri adalah complete reference untuk bahasa Server Side, dan mungkin juga Al-Qur’an itulah bahasa Server Side itu sendiri, sehingga sebenarnya dalam setiap benda dan kejadian alam terdapat Ayat Al-Qur’an di baliknya.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s