Surrender to our genes?

Baru2 ini pembicaraan mengenai gay, lesbian, bisex, dan intersex kembali marak. Mungkin karena ada penentangan konferensi GLBT oleh Muhammadiyah. Yeah, saya tidak hendak membicarakan mengenai pertentangan ini, hanya saja saya tertarik alasan klasik dari sisi pelaku homoseksual ini, yaitu bahwa homoseksualitas itu diturunkan secara genetis.

Lantas apa? Apakah dengan diturunkan secara genetis kita menyerah untuk berbuat sesuai norma agama dan masyarakat? Apakah karena diturunkan secara genetis kita ikut saja apa yang tubuh kita minta?

Perlu diingat, bahwa yang hal-hal lain selain homoseksualitas ini banyak juga yang diturunkan, seperti alkoholisme, kecanduan tembakau, dan sifat jelek lainnya. Apakah itu juga mau dituruti? Ingat bahwa apa yang tubuh kita inginkan, belum tentu adalah yang tubuh kita butuhkan.

Contoh lain, tubuh kita secara alami lebih menyukai makanan yang manis daripada yang pahit, karena makanan manis itu rata-rata mengandung gula yang digunakan sebagai sumber energi tubuh, dan pahit rata-rata adalah bahan yang berbahaya bagi tubuh. Tapi ketika kita sakit, apakah kita turuti kemauan tubuh kita untuk tidak minum obat yang pahit? Toh kita minum juga obat itu karena kita tahu bahwa itu yang terbaik bagi tubuh kita.

Kita lah yang menjadi komandan atas tubuh kita, bukan sebaliknya. Jika kita yang menjadi budak kemauan tubuh kita, berarti kita telah memperturutkan nafsu. Pelajarilah apa yang benar dan salah, dan tanyakan pada diri kita, apakah yang kita inginkan adalah yang kita butuhkan? dan apakah yang kita butuhkan telah sesuai dengan norma agama dan masyarakat? jika tidak, kita harus kembali mempertanyakan, apakah yang kita butuhkan adalah benar-benar kebutuhan kita? bukan sebagai tameng atau alasan untuk pembenaran dari keinginan kita?

2 responses to “Surrender to our genes?

  1. really like this one, jempol nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s